Fungsi Landing Page

Pengertian Landing Page

Landing page merupakan suatu platform website dengan satu halaman tunggal yang dirancang khusus untuk mengarahkan pengunjung dalam suatu penawaran produk maupun jasa. Halaman landing page dibuat dengan tujuan tertentu dengan berbagai materi dan informasi didalamnya. Landing page atau yang dikenal juga dengan sebutan halaman arahan, akan mengarahkan pengunjung untuk melakukan kegiatan lanjutan dalam pemesanan maupun pembelian. Untuk itu, penggunaan halaman landing ini semakin melesat di kalangan pengusaha bisnis masa kini.

Dalam era digitalisasi yang serba menggunakan internet, landing page sangat memiliki pengaruh kuat dalam menjangkau pemasaran luas. Melalui halaman ini, calon pelanggan dapat mengetahui secara lebih spesifik terkait dengan informasi perusahaan. Pemilik bisnis dapat menyampaikan berbagai informasi penting dan menarik didalamnya dengan navigasi yang relevan. Landing page biasanya memuat berbagai informasi penting mengenai perusahaan seperti latar belakang, katalog produk atau jasa, hingga kontak. Namun, sebetulnya, mengapa penggunaan landing page sangat penting, terutama dalam kalangan pebisnis?  

Manfaat Pembuatan Landing Page

Penggunaan internet yang tinggi menjadi alasan pergerakan bisnis semakin melesat dalam suatu media online. Website menjadi salah satu platform online yang efektif digunakan untuk menjaring pelanggan luas. Situs web dapat menjangkau berbagai jenis pelanggan secara cepat tanpa terhalang jarak dan waktu. Melalui media online, seseorang dapat memenuhi kebutuhan kapanpun dan dimanapun hanya dalam genggaman ponsel maupun perangkat online lainnya. 

Pembuatan landing page merupakan salah solusi untuk menjaring pemasaran bisnis hingga pada pasar global. Tak hanya kalangan pengusaha, namun situs landing page juga seringkali digunakan sebagai portofolio diri. Dengan kata lain, laman ini membantu seorang dalam meningkatkan citra atau merek identitas dalam khalayak lebih luas untuk memperoleh keuntungan. Penjelasan singkatnya, gramedia.com menjabarkan bahwa cara kerja sederhana sebuah landing page adalah mendorong pengunjung untuk melakukan berbagai navigasi tertentu yang diinginkan. Untuk mengetahui lebih dalam, berikut beberapa fungsi landing page. 

  • Meningkatkan Traffic Bisnis 

Seperti yang sudah diketahui bahwa penggunaan halaman situs akan menjangkau berbagai audiens dari berbagai jenis latar belakang. Penggunaan media online yang tidak terhalang ruang dan waktu, tentunya akan memberikan keuntungan lebih terkait dengan jangkauan pelanggan bisnis. Melalui laman situs, perusahaan akan mendapatkan berbagai jenis audiens yang dibutuhkan atau diinginkan. Dengan pengoptimalan halaman, landing page akan menjadi suatu platform yang menyajikan berbagai kemudahan akses bagi pelanggan anda. 

  • Memperkuat Branding 

Tak hanya memperluas market bisnis, namun identitas merek juga akan semakin kuat dan terpercaya. Landing page membangun merek perusahaan dengan membantu memperkuat citra merek melalui desain yang ditampilkan. Tampilan halaman akan membantu para pengunjung untuk mengenal lebih dalam terkait dengan profil hingga produk yang ditawarkan. Selain itu, keberadaan platform bisnis di dalam media online juga akan meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam menggunakan layanan anda. 

Perusahaan dengan profil yang jelas, tentunya akan lebih dipercaya oleh calon pelanggan maupun mitra kerjasama. Calon pelanggan cenderung akan melakukan kunjungan kembali pada sebuah bisnis dengan profil yang jelas. Sehingga, penggunaan laman website tunggal akan membantu perusahaan dalam menyampaikan identitas bisnis secara lebih spesifik. Laman web tersebut akan menggambarkan citra atau nilai-nilai perusahaan secara lebih efektif dan kreatif melalui berbagai konten di dalamnya. 

  • Mendorong Pengunjung Melakukan Tindakan

Halaman arahan dirancang untuk memiliki suatu tujuan tertentu terhadap pengunjung. Tujuan ini bergantung pada suatu layanan bisnis atau bidang perusahaan yang dijalankan. Dalam laman landing, pengunjung biasanya akan diarahkan untuk melakukan tindakan utama seperti pembelian, pendaftaraan, atau permintaan informasi lebih lanjut. Sehingga, pelanggan dapat dengan mudah untuk mendapatkan barang atau layanan yang diinginkan. 

Untuk mendorong tindakan tersebut, pembuatan desain landing page menjadi alasan yang penting dalam peningkatan kualitas pemasaran. Dalam hal ini, landing page juga seringkali disebut sebagai laman pengiklanan melalui website, dimana pebisnis dapat merancang sistem jual beli didalamnya. E-commerce menjadi salah satu wujud pengembangan desain landing page yang seringkali digunakan oleh penjual bisnis online. Melalui satu genggaman tangan, pengunjung dapat dengan mudah melakukan pemesanan dan pembelian barang hanya dalam satu ruang media. 

  • Meningkatkan Strategi Pemasaran

Melalui halaman arahan, pengunjung dapat menemukan secara mudah terkait dengan keberadaan bisnis anda. Dengan pengoptimalan mesin pencarian, situs anda akan semakin mudah dalam mendapatkan kunjungan. Namun, bukan hanya mempermudah akses pelanggan, tetapi melalui data pengunjung yang ada, anda dapat mengembangkan ide-ide baru terhadap pengembangan bisnis. 

Data pengunjung yang masuk dalam situs web, dapat menjadi acuan baru terhadap pengembangan trend produk maupun inovasi di kemudian hari. Dengan data lengkap, landing page dapat meningkatkan kunjungan kembali oleh para pelanggan untuk kembali melakukan pemesanan dan pembelian. Tak hanya membangun inovasi baru terhadap keberlangsungan perusahaan, namun halaman arahan ini juga akan membantu kegiatan pemasaran melalui berbagai konten gambar, video, hingga artikel terkait berbagai jenis produk dan jasa yang ditawarkan. Untuk penjelasan lebih mendalam, anda juga bisa menonton referensi video berikut